Refleksi Kiprah RJI 2018

Refleksi Kiprah RJI 2018

Yogyakarta, 31 Desember 2018

Melalui tulisan ini kami Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mengucapkan terimakasih atas apa yang telah kita lakukan bersama-sama di tahun yang baik ini, tahun 2018. Pertanyaan yang sangat sulit kami jawab adalah, berapa jurnal yang RJI dampingi selama tahun 2018? Kami tidak akan membeberkan statistik sajian angka-angka capaian yang telah RJI lakukan selama tahun 2018 terkait jumlah jurnal yang kami dampingi. Apalagi menyajikan perhitungan persentase  kontribusi jumlah publikasi ilmiah di Indonesia. Kami hanya menyampaikan bahwa apa yang pengelola jurnal butuhkan semuanya tersedia di portal kami yakni, relawanjurnal.id walaupun masih banyak yang belum kami penuhi, setidaknya itu sudah cukup untuk memulai. Kami akan melengkapinya pada tahun 2019 yakni me-launching beberapa sistem integrasi antara penulis-jurnal-pembaca dan metrik yang belum pernah ada dan belum pernah dilakukan di Indonesia.

Kepada pemerintah, kami mengucapkan terimakasih atas dukungan moril terhadap aktivitas kami, dalam melaksanakan proses pendampingan jurnal di seluruh Indonesia. Dan terus tanpa lelah membimbing dan menuntun kami dalam melaksanakan tugas-tugas kami di RJI.

Untuk para Tutor, Koordinator Daerah dan Tim Ahli RJI. Kami sangat mengapresiasi apa yang telah mereka lakukan dan perbuat untuk kebaikan jurnal-jurnal yang mereka kelola dan mereka dampingi. Kami sangat meyakini bahwa ini jalan kami, jalan Relawan Jurnal Indonesia adalah turut berbagi ilmu semua hal tentang jurnal, turut berbagi apa yang telah kami ketahui. Kami termotivasi pada hal berikut

”Aku pernah tidak tahu, ketika ada yang ingin tahu dan mencari tahu kepadaku, maka aku harus memberitahu sejauh apa yang aku tahu”.

Ini selalu beriringan dengan visi dan misi RJI yang intinya adalah memberikan apa yang kita ketahui tanpa membeda-bedakan status, latar belakang pendidikan maupun latar belakang institusi. Maka, lakukanlah yang terbaik untuk Indonesia melalui RJI, jika itu baik, maka kebaikan bukan untuk Ketua RJI, bukan untuk Tim Ahli RJI, atau lainnya namun kebaikan itu akan menyebar dan bermanfaat bagi pengelola jurnal dan para pihak yang berkaitan dengan jurnal seluruh penjuru Indonesia.

Kedepan, Tutor dan Korda terus menjalin bersinergi untuk selalu semangat mendampingi jurnal-jurnal di Indonesia agar segera naik kelas. Merekalah yang menjadi ujung tombak massive nya pendampingan yang dilakukan oleh RJI. Harapannya jurnal yang masih dikelola secara cetak dapat naik kelas menjasi dikelola secara online, yang sudah online terus naik lagi menjadi jurnal elektronik yang menerapkan manajemen publikasinya secara elektronik, selanjutnya dapat naik kelas lagi menjadi jurnal yang berkualitas baik tatakelola/ manajemennya mapun substansinya. Kami sangat berharap, bahwa apa yang dilakukan oleh tutor dan korda merupakan untuk kebaikan Indonesia melalui peningkatan publikasi ilmiah Indonesia bukan semata-mata untuk RJI saja, inilah sumbangsih kita untuk negeri ini.

Untuk para peserta workshop, penulis, pengelola jurnal yang telah mengikuti perjalanan RJI. Kami mengucapkan terimakasih banyak atas kepercayaannya untuk terus bersama RJI dalam mengembangkan ilmu mengenai jurnal. Banyak pengalaman yang sama-sama kita dapatkan hingga kesempatan bertukar-pikiran. Namun, kami juga mohon maaf atas kekurangan-kekurangan yang kerap muncul pada diri kami. Kedepan, kami berkomitmen untuk terus berusaha memperbaikinya.

Yang akan kami lakukan ditahun 2019 masih sama yakni melakukan pendampingan jurnal, namun akan diubah pola dan mekanismenya, lebih intensif, serta akan diperbanyak kuantitasnya. Selain itu, kami juga terus membuka jalinan kerjasama dari berbagai pihak yang ikut peduli dan turut serta ingin bersama-sama berkontribusi untuk negara ini.

Ditulis oleh Ketua Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia

Andri Putra Kesmawan

Sumber: WEB RJI

No Comments

Post A Comment